Megahnya Masjid Agung Kabupaten Kuantan Singingi

Keberadaan Masjid Agung di Kabupaten Kuantan Singingi tidak hanya menjadi kebanggan bagi masyarakat Kuansing saja, melainkan masyarakat Riau pada umumnya.

Masjid Agung yang ada di kuansing ini termasuk 100 masjid terindah di Indonesia, dan beberapa yang ada di Indonesia yaitu Masjid Istiqlal, Masjid At-Tin di Jakarta, Masjid agung Demak, Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Baiturahman Banda Aceh, Masjid Gedhe Kauman, Masjid Al Abab UG di Yogyakarta, Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho di Jawa Timur, Masjid Al Markas Al Islami Makasar Di Sulawesi Selatan.

Apabila anda berkunjung ke Kuantan Singingi dan memasuki wilayah Teluk Kuantan yang merupakan ibukota Kabupaten Kuantan Singingi, dari arah Kampar Atau dari Sumatera Barat (Sumbar), anda akan melihat sebuah mesjid  megah dan indah. yang telah menjadi simbol religious bagi  masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi

Lokasi Masjid Agung tersebut berada tidak jauh dari tugu carano, Tepatnya berada dekat Simpang Cerano, jalan Proklamasi, Kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan, sangat mudah menemukan Mesjid Agung karena letaknya yang sangat strategis, tepat di persimpangan menuju kota, sport center ke Kiliran Jao dan menuju komplek perkantoran Pemerintah daerah Kuansing


Masjid agung Kuantan Singingi ini awalnya dibangun sebagai bagian persiapan Kuansing menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) se-Riau pada Oktober 2010, dan kemudian masjid ini menjadi simbol Kabupaten Kuantan singingi yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.

kemegahan dari masjid agung kuantan singingi ini dapat dilihat dari bentuk bangunannya yang besar dan kubah yang mengadopsi gaya Timur Tengah. Kubah berwarna hijau cerah dengan aksen grafis yang umum diterapkan pada masjid-masjid di Provinsi Riau.
Kubah terdiri dari satu kubah utama, dan empat kubah pendamping sebagai penopang, lalu empat kubah kecil sebagai aksen hias. Plafon bentuk kubah pun menjadikan masjid agung tampak lebih indah.

Ruang utama ibadah dibentuk dengan konsep minimalis melalui dinding yang dilapis cat bewarna putih. Kemudian Lantaitainya menggunakan keramik berwarna senada sehingga terkesan lapang dan bersih menambah menariknya masjid.Dinding depan tempat Mihrab diperindah dengan aksen pigura bermotif bintang segi delapan, dan Mimbar diletakkan di sebelah kanan Mihrab dengan konsep yang menyatu ke dalam dinding.


Begitu megahnya Masjid Agung ini, jika anda ke kuansing dan memasuki wilayah Teluk Kuantan, Janganlah lupa untuk mendirikan shalat di Masjid Agung Kuansing yang telah menjadi simbol religius bagi masyarakat kuantan singingi. (victorbeni//www.kabarkuansing.com)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top