Ada Apa Dengan Pensil?
Kisah Inspirasi Islam-Suatu hari, seorang anak bertanya kepada neneknya yang sedang menulis sebuah surat. “Nenek lagi menulis apa? Tampaknya begitu serius, nek?”. Mendengar pertanyaan si cucu, sang nenek berhenti menulis dan berkata kepada cucunya, “Sebenarnya nenek sedang menulis tentang kamu, tapi ada yang lebih penting dari isi tulisan ini yaitu pensil yang nenek pakai. Nenek harap kamu bakal seperti pensil ini ketika kamu besar nanti”, ujar si nenek lagi.

Mendengar jawaban ini, si cucu kemudian melihat pensil yang di pegang neneknya dan bertanya kembali kepada si nenek. “Tapi nek, sepertinya pensil itu sama saja dengan pensil yang lainnya, tidak ada yang istimewa.” ujar si cucu. Si nenek kemudian menjawab, “Itu semua tergantung dari segi mana kamu melihat pensil ini. Pensil ini mempunyai 5 kualitas yang bisa membuatmu selalu tenang dalam menjalani hidup, kalau kamu selalu memegang filosofi pensil ini di dalam hidupmu". Si nenek kemudian menjelaskan 5 filosofinya dari sebuah pensil.

Pertama :

Pensil mengingatkan kita kalau kita bisa berbuat hal yang hebat dalam hidup ini. Layaknya sebuah pensil ketika menulis, kita jangan pernah lupa kalau ada tangan yang selalu membimbing langkah kita dalam hidup ini. Kita menyebutnya Allah, Dia akan selalu membimbing kita menurut kehendak Nya. Pensil dituntun oleh tangan, jadikan penuntun kita adalah Allah Swt.

Kedua :

Dalam proses menulis, nenek kadang beberapa kali harus berhenti dan menggunakan rautan untuk menajamkan kembali pensil nenek. Rautan ini pasti akan membuat si pensil menderita. Tapi setelah proses meraut selesai, si pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali. Begitu juga dengan kita, dalam hidup ini kita harus berani menerima penderitaan dan kesusahan, karena merekalah yang akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik.

Ketiga :

Pensil selalu memberikan kita kesempatan untuk mempergunakan penghapus, untuk memperbaiki kata-kata yang salah. Oleh karena itu memperbaiki kesalahan kita dalam hidup ini, bukanlah hal yang jelek. Itu bisa membantu kita untuk tetap berada pada jalan yang benar. Penghapus selalu membenarkan kata kata kita dengan menghapus tulisan yg salah. Kita juga harus mendengar nasehat orang lain apabila kita salah dan segera intropeksi diri.

Keempat :

Bagian yang paling penting dari sebuah pensil bukanlah bagian luarnya, melainkan arang yang ada di dalam sebuah pensil. Oleh sebab itu, selalulah hati-hati dan menyadari hal-hal di dalam dirimu. Dalam hal ini yg ada dalam diri kita adalah hati dan nafsu, akal dan fikiran dan semua yang berasal dari dalam diri kita. Harus selalu kita kendalikan.

Kelima :

Sebuah pensil selalu meninggalkan tanda/goresan. Seperti juga kita, kita harus sadar kalau apapun yang kita perbuat dalam hidup ini akan meninggalkan kesan. Oleh karena itu selalu lah hati-hati dan sadar terhadap semua tindakan. Kita pun demikian, apa yang kita perbuat akan meninggalkan goresan baik atau buruk yang nantinya akan di hisab. Maka berhati hatilah akan setiap goresan yg kita perbuat.

Setelah mendengarkan penjelasan panjang lebar dari si nenek, si cucu baru lah mengerti ada apa dengan sebuah pensil. (Novendra/KabarKuansing)
Lebih baru Lebih lama