Dengan potensi objek wisata di Kabupaten Kuantan singingi, dapat menjadi daerah tujuan para wisatawan. salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi ialah Air Terjun Guruh Gemurai yang berada di desa kasang Kecamatan Kuantan Mudik.
Gerbang Masuk Menuju Air  Terjun Guruh Gemurai 




Air Terjun Guruh Gemurai ini merupakan tempat wisata yang di unggulkan di kabupaten Kuantan Singingi. Air Terjun Guruh Gemurai terletak di daerah perbatasan Sumatera Barat dengan Riau yang berada di kawasan hutan lindung, tepatnya di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik (Lubuk Jambi), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Propinsi Riau, dan berada sekitar 23 km dari pusat kota teluk kuantan.


Nama Air Terjun Guruh Gemurai diambil dari salah satu bahasa daerah setempat. Dimana arti kata Guruh berarti Gemuruh atau maksudnya bunyi air terjun tersebut, sedangkan Gemurai berarti percikan air yang berserakan. Jadi arti dari Air Terjun Guruh Gemurai yakni air terjun yang bunyi percikannya bergemuruh.


Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun Guruh Gemurai, bisa menggunakan kendaraan apa saja. Dari arah teluk kuantan kea rah Kiliran Jao sumbar dengan akses jalan beraspal. Pasar Lubuk Jambi akan bertemu dengan dua jalan yang bercabang dua, ambillah jalan di sebelah kiri dan menanjak yang bernama Desa Koto (Kote Ate) lalu melewati jalan yang sedikit berkelok. Dan Sekitar 2 km perjalanan, sampailah di Desa Kasang. perjalanan akan dilanjutkan sejauh 6 km lalu akan terlihat pintu masuk ke Air Terjun Guruh Gemurai.


Adapun fasilitas yang telah tersedia adalah jalan yang sudah beraspal, areal parkir, arena bermain dan mandi, pentas terbuka untuk mengadakan acara-acara, seperti konser musik dan lainnya, juga mushola.(victor/www.kabarkuansing.com)
Lebih baru Lebih lama