Bagaimana Nasib Blogger Adsense dan Youtuber Kalau Google di Blokir di Indonesia?

Apakah Google akan di blokir di Indonesia? - Berita hangat tentang kasus pajak Google di Indonesia telah bergulir beberapa waktu yang lalu. Tentu saja bagi blogger atau youtuber yang menjadikan Google sebagai partner penayang iklan seperti Google Adsense di blog, website atau youtube merawa was-was. Apalagi pendapatan mereka sebagai publisher iklan dari Google (Adsense) sudah terbilang memadai dan menjadikannya sebagai pekerjaan atau sebuah profesi.

apakah google di blokir di indonesia?
www.kabarkuansing.com
Jika Google di blokir di Indonesia maka otomatis para Youtuber dan Blogger akan kehilangan pendapatan. Dan tidak hanya berdampak bagi publisher saja, tapi juga bagi semua kalangan yang menggunakan produk Google seperti Google Search, Youtube, Android, Gmail, Drive, Playstore dan lain-lain.

Bagi siswa-siswi, pelajar atau Mahasiswa tidak akan bisa lagi menggunakan search engine Google untuk mencari referensi pelajaran di Sekolah, download soal-soal, modul, slide dan lain-lain. Bagi para petani, pedagang, ibu rumah tangga juga memanfaatkan google dalam menambah ilmu pengetahuan mereka, baca-baca berita, tutorial memasak dan lain sebagainya.

Bagi pemerintah tentu hal ini perlu ditegaskan juga karena ini menyangkut tentang pendapatan negara. Perlu dicarikan jalan solusi terbaik, negosiasi walaupun sampai hari ini belum adanya titik terang. Angka pajak yang diajukan pemerintah tidak ditanggapi oleh pihak Google dengan baik. Pihak Google menawarkan angka pajak yang jauh lebih kecil dari yang ditawarkan oleh pemerintah. Dan terlebih lagi Google menolak untuk dilakukan audit keuangan.

Sementara itu Google beralasan karena belum menjadi Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia. Di Jakarta hanya sebagai kantor perwakilan saja. Induk kantornya untuk Asia masih di Singapura.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkoinfo) masih menunggu perkembangan lanjut dan menyatakan belum adanya kemungkinan untuk pemblokiran karena masih ada kepentingan umum yang didahulukan oleh pemerintah.

Berkaca dari china yang menciptakan baidu Browser, setidaknya Indonesia sudah menyiapkan piranti pengganti jika seandainya Google di Blokir di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top