Seni Tari Persembahan Kabupaten Kuansing Ternyata Diciptakan Oleh Orang Bengkulu

Salah satu seni tari yang ada ada di kuantan singingi adalah seni tari Somba Carano.  Tari somba Carano yang diciptakan oleh Tom Ibnur, ia adalah salah satu koreogfer handal yang berasal dari Kota Bengkulu. Tom Ibnur pernah mengikuti perkuliahan jurusan Seni Tari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI)
seni tari kuanSing 2017
www.kabarkuansing.com

Tari Somba Cerano atau Tari Pasambahan adalah tarian penyambutan dan upacara selamat datang bagi tamu yang dihormati dan diagungkan. Para penari pria menarikan tari pedang yang merupakan simbol sebagai pagar negeri pelindung bagi masyarakat maupun tetamu. Sedangkan penari wanita menari dan membawakan cerano berisikan sekapur sirih yang dipersembahkan untuk para tetamu. Persembahan ini merupakan simbol keterbukaan, persaudaraan, serta penerimaan dengan hati yang suci dan tulus.



Adapun Instrumen yang digunakan dalam seni tari Somba Carano ialah Accordion, Biola,  Jedor,  Jimble,  Kotuak-kotuak, dan Gong. Kemudian musik Pengiring yang digunakan diambil dari Seni Musik Budaya Kuansing yaitu Menganyam,  Olang Binti,  Lomak Dek Awak Ketuju Dek Urang.(victor/www.kabarkuansing.com)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top