Hidup Sehat, Hindari Minum Kopi pada Malam Hari

Kopi merupakan produk yang sangat mudah ditemui dan memiliki ragam dan jenis yang berbeda. Dalam kopi terdapat kandungan kafein yang memiliki manfaat bagi tubuh. Salah satu manfatnya ialah meningkatkan daya ingat.

Hindari minum kopi malam hari2017
www.kabarkuansing.com

Bnyak orang pada malam hari meminum kopi untuk mengatasi rasa kantuknya . Efek dari meminum kopi di malam hari membuat kita tidak mengantuk dan lebih lebih terjaga pada malam hari, tapi  ada juga orang yang malah lebih cepat ngantuk saat meminum kopi di malam hari.

Tahukkah anda, menurut sebuah penelitian penyebab meningkatnya detak jantung secara signifikan yang disebabkan oleh kopi. Kopi dianggap sebagai stimulant yang merangsang sistem saraf pusat yang menyebabkan jantung memompa darah lebih cepat. Kemudian jika meminum kopi lebih dari 5 gelas sehari dapat menaikkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Jika ini berlangsung terus menerus akan menyebabkan endapan lemak, endapan lemak ini akan membuat pembuluh darah akan menjadi sempit, dan pembuluh darah yang mengalami penyempitan akan  beresiko timbulnya penyakit jantung dan bisa stroke.

tidak hanya itu, Kafein yang terkonsumsi dimalam hari ternyata akan membuat kinerja jam internal dalam tubuh kita menjadi melambat, penyebabnya  ialah hormon untuk tidur atau dikenal dengan istilah melatonin yang tertunda produksinya.

Meminum kopi pada malam hari sebelum tidur juga bisa membuat produksi hormone menjadi tertunda sekitar 40 menit. Sehingga Akibat dari meminum kopi saat malam hari akan terbangun di pagi buta sehingga jam tidur seseorang akan sangat kurang. Sebaiknya bagi orang yang memiliki hipertensi tidak meminum kopi, karena efeknya pada orang yang memiliki hipertensi bisa meningkatkan resiko terkena kardiovaskular, yaitu salah satunya adalah serangan jantung. Bagi penderita hipertensi, sebaiknya mengurangi meminum kopi, supaya tidak menaikkan tensi yang signifikan. kafein yang terkandung dalam kopi juga bisa menyebabkan osteoporosis, keguguran bagi wanita hamil, timbulnya penyakit tukak lambung, tukak usus halus dan dapat menyebabkan mudah marah, depresi, cemas, dan sulit berkonsentrasi,


Tidak disarankan untuk meminum kopi 3 jam sebelum waktu tidur, karena bisa membuat kacaunya siklus tidur-bangun dan persepsi gelap-terang. Kafein yang mempengaruhi hormon melatonin akan membuat seluruh sistem organ manusia menerima dampaknya seperti pada sel lemak dan juga sel otot pada manusia.(victor/www.kabarkuansing.com)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top