Jangan Biarkan Anak-anak Berkeliaran di Waktu Maghrib, Inilah Alasannya


Dalam ajaran agama Islam ada Adab yang di anjurkan bila waktu magrib telah tiba. Jika waktu magrib telah tiba, membawa anak-anak ke dalam rumah saat masuknya waktu maghrib hukum dalam agama Islam adalah sunnah. Dan jika waktu magrib tiba, menutup pintu-pintu di awal waktu maghrib sambil menyebut nama Allah ta’ala juga termasuk sunnah. Kedua Adab ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga diri dari setan dan jin.


Magrib 2017


Janganlah dihiraukan anjuran ini, pada waktu magrib setan banyak yang berkeliaran, dengan membawa anak-anak memasuki rumah maka ini adalah cara untuk menjaga mereka

Dalil dari perbuatan ini adalah hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu ketika ia menyampaikan bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسـيتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ، فَإنَّ الشيطَانَ يَنْتَشـر حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ، وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ، وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّهِ، فَإنَّ الشيطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَاباً مُغْلَقاً»

Jika masuk awal malam –atau beliau mengatakan: jika kalian memasuki waktu sore- maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup” (HR. Al-Bukhari no. 3304 dan Muslim no. 2012).

Kata جُنْحُ اللَّيْلِ (awal malam) maksudnya adalah awal malam setelah terbenamnya matahari. Dalam riwayat Muslim terdapat hadits:

«لاَ تُرْسِلُوا فَوَاشـيكُمْ، وَصِبْيَانَكُمْ إِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ، حَتَّى تَذهَبَ فَحْمَةُ الْعِشَاءِ، فَإِنَّ الشـياطِينَ تَنْبَعِثُ إِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ حَتَّى تَذْهَبَ فَحْمَةُ الْعِشَاءِ»

Jangan lepaskan hewan-hewan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam sampai berlalunya awal isya karena para setan berkeliaran antara waktu terbenamnya matahari sampai berlalunya awal isya.” (HR. Muslim no. 2013).

Sabda Rasulullah ,“karena sesungguhnya setan sedang berkeliaran” maksudnya adalah bangsa setan dan maknanya: ditakutkan terjadinya gangguan setan pada anak-anak pada waktu tersebut karena banyaknya mereka pada waktu itu,wallahu a’lam.

melakukan Shalat dua rakaat sebelum shalat Maghrib juga merupakan anjuran Nabi Muhammad. Selanjutnya ialah, Makruh tidur sebelum shalat isya. Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak suka tidur sewaktu Magrib atau tidur sebelum isya. Tidur pada waktu itu dapat menyebabkan tidak dilaksanakannya shalat isya.(victor/www.kabarkuansing.com)





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top