Foto : Kunjungan Tim Monev UNIMED

Kuantan Singingi (KabarKuansing.com) - Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) menerima kunjungan tim monitoring ketercapaian pembinaan program studi (prodi) terbina Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Negeri Medan (UNIMED). (Senin, 27/11/2023).

Tim monev UNIMED diterima langsung dengan hangat oleh Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, SKM., M.Kes, Wakil Rektor III Helbi Akbar.S.Pd.I., MA, Ketua LPPPM Dwi Putri Musdansi, S.Pd., M.Pd, serta Dekan, Kaprodi Akuntansi, Kaprodi Perbankan Syariah, Kaprodi Pendidikan Kimia dan Kaprodi Perencanaan Wilayah dan Kota, di Ruang Rapat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UNIKS.

Adapun tim monitoring pembinaan prodi terbina SPMI UNIMED yang datang ke UNIKS Dr. Ahmad Albar Tanjung, M.Si dan ketua pemenang hibah SPMI binaan Dr. Nurkadri, M.Pd.

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi. SKM., M.Kes dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih kepada tim monev UNIMED.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada tim monev dari UNIMED atas kunjungannya untuk monitoring ketercapaian pembinaan program studi terbina SPMI di kampus UNIKS. Ini tentu akan menjadi sesuatu yg sangat kita harapkan dalam optimalisasi program studi terbina SPMI di UNIKS, karena semakin optimal tentu akan berpengaruh positif pada peningkatan akreditasi, serta meningkatkan kemampuan SDM kita yang mengikuti sosialisasi SPMI ini untuk akselerasi menyiapkan akreditasi unggul", ucap Rektor UNIKS tersebut.

Wakil Rektor III Helbi Akbar. S.Pd.I., MA juga mengucapkan harapan yg akan dicapai dari kegiatan ini.

"Untuk dapat melihat sejauh mana audit yang sudah dilakukan, serta dapat memberikan nutrisi untuk penjaminan mutu UNIKS kedepannya, bisa maju seperti UNIMED yang sudah terakreditasi A dan memiliki program studi yang unggul dan kita juga ingin mengetahui bagaimana menjadi prodi yang unggul, kita dibina dan dibimbing, serta meningkatkan mutu pendidikan tinggi untuk membangun budaya mutu melalui penguatan sistem penjaminan mutu di perguruan tinggi dalam membina program studi untuk implementasi sistem penjaminan mutu program studi secara utuh", ujarnya.

Selain itu, Ketua LPPPM UNIKS Dwi Putri Musdansi, S.Pd., M.Pd juga menyampaikan sesuai arahan Rektor UNIKS kita harus segera melakukan akselerasi dengan melakukan penetapan standar-standar SPMI untuk mencapai akreditasi unggul atau akreditasi internasional dan budaya mutu harus menjadi komitmen bersama seluruh civitas akademika UNIKS.

Dr. Ahmad Albar Tanjung, M.Si juga mengatakan tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam monitoring pembinaan program studi terbina SPMI Ini harus memiliki indikator keberhasilan.

"Tujuannya memonitoring ketercapaian pembinaan SPMI tahun 2023, dengan membangun komitmen mutu, indikator keberhasilannya seluruh pimpinan berkomitmen membangun penjaminan mutu pendidikan ini, serta memiliki harapan agar program studi di UNIKS yang masih terakreditasi Baik, menjadi Baik Sekali dan Unggul serta terakreditasi Internasional", pungkasnya.

"Oleh karena itu seluruh kegiatan yang sudah dirancang sampai pada saat ini, harus memiliki indikator keberhasilan dan diharapkan sudah prepare dalam melakukan audit, sampai nanti pada saat output tinjauan manajemen dan lainnya", tutupnya.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk membangun perguruan tinggi berbudaya mutu, mengembangkan sistem penjaminan mutu program studi secara terstruktur dan berkelanjutan dan memfungsikan SPMI dalam membina prodi guna melaksanakan penjaminan mutu secara utuh. Kunjungan kegiatan pembinaan prodi SPMI ini dimulai pada hari Senin, tanggal 27 November dan berakhir hari Selasa, tanggal 28 November 2023.
Lebih baru Lebih lama