Makan Pakai Sendok atau Pakai Tangan ?

Kita lihat banyak orang makan, kadang mereka makan menggunakan sendok dan terkadang makan hanya menggunakan tangan saja.

 
Makan Pakai Sendok atau Pakai Tangan 2017
www.kabarkuansing.com
Namun makan yang lebih sehat adalah makan menggunakan tangan. Makan menggunakan tangan juga merupakan sunnah dari Rasulullah SAW, yaitu sebaiknya kita makan menggunakan tangan kanan dan menggunakan hanya tiga jari saja untuk makan, lalu menjilat jari-jari tersebut untuk membersihkannya. Tiga jari tersebut adalah jempol, jari telunjuk, dan jari tengah.


Makan dengan tiga jari tersebut merupakan menunjukkan tak rakus dan ketawadhu’an. Tapi faktor tersebut tidak berlaku untuk makanan yang tidak bisa dimakan dengan tiga jari. Sebaiknya makanlah makanan dengan memakai tiga jari saja, tapi jika makanan tersebut tidak bisa dengan memakai tiga jari seperti halnya nasi, maka diperbolehkan untuk memakai lebih dari tiga jari. Hal ini merupakan sunnah Nabi.

Adapun manfaat makan menggunakan tangan adalah dapat mencegah diabetes. Karena orang yang memakai sendok biasanya akan makan lebih cepat dari pada orang yang makan dengan menggunakan tangan. Orang yang makan dengan cepat akan beresiko lebih cepat terkena diabetes.

Kemudian makan menggunakan tangan  dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Karena pada saat mencuci tangan dengan sabun, semua bakteri jahat akan hilang dan bakteri baik akan tetap ada yang sangat baik untuk usus kita. makan menggunakan tangan bisa mengirimkan sinyal ke otak kita , apakah makanan tersebut dingin atau panas, dan padat atau lembut. Sehingga dapat lebih mempersiapkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan yang kita makan.(VictorBeni//kabarkuansing)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top