Kabarkuansing.com - Kenapa saya masih bertahan di server google sebagai hosting untuk ngeblog? teman-teman yang sudah berkecimpung di dunia perbloggeran atau yang sudah biasa dengan web depelopment tentu akan berceletup cepat dan mengatakan "ya karena hosting google kan gratis!". Yup! jawaban yang tidak salah, dan tak bisa dipungkiri "sesuatu yang gratis tentu akan banyak memiliki kelemahan daripada kelebihan" jika jawaban itu dilanjutkan. Kalau rekan mencari konten di Google search dengan topik pilih hosting google (Blogspot yang di redirect ke top level domain lah ya wkwk), Shared hosting atau bahkan mengorbitkan situs web di Virtual Private Server (VPS), manakah yang terbaik?, tentu ulasan rekan blogger dipostingannya akan menempatkan hosting google adalah pilihan terakhir diantara alasannya explorasi yang terbatas terhadap web yang kita bangun, karena bisa suatu saat google akan menghapus blog kita jika melanggar salah satu TOS (term of service) nya.

Belajar dari blog PKS Piyungan

Terlepas dari kontroversi yang menimpa blog PKS Piyungan waktu itu karena isi berita yang telalu banyak menyudutkan pemerintah, dan bahkan di internal PKS sendiri mengatakan blog tersebut bukan mewakili partai tapi blog pribadi sehingga diintruksikan untuk berganti domain dan jadilah portal piyungan. Dan terakhir berubah menjadi blog portal islam. Tapi ada baiknya untuk penyeimbang berita rekan bisa baca salah satu curhatan menarik dari salah satu adminnya "Ketika PKS Piyungan digugat"

Yang saya pelajari di blog PKS piyungan (sekarang domainnya sudah didelete) adalah tentang situs blognya yang dibangun dari costom domain yang diredirect dari blogspot, tapi mampu mendatangkan jutaan pageview setiap harinya dan mampu mengalahkan web berita lain yang seumuran dengannya tapi dibangun dengan shared hosting (hosting berbayar). blog PKS Piyungan itu adalah blog level kecamatan dengan hosting gratis, yang kalau kita lihat referensi di wikipedia Piyungan adalah kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Yogyakarta, artinya blog pinggiran banget.

Satu pertanyaan lelucon dari saya "Mungkinkah Google sebagai raksasa Search Engine hari ini menganak tirikan produknya sendiri"??. Dan tentu harapan kecil dari kami dan kawan-kawan membangun kabarkuansing.com walaupun dibangun dari hosting gratisan Google kelak akan mendapatkan jutaan pageview dikemudian hari, ya salam... ^_^   


Riau, 10 Juli 2023 
Ketika semburat lembayung senja 
bergelayut manja diujung cakrawala Riau 
Lebih baru Lebih lama