Kuantan Singingi (KabarKuansing.com)-Program Studi Teknik Sipil (TS) dan Perencanaan Wilayah Kota (PWK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS), melakukan pelatihan soil investigation dengan alat sondir di Gedung Serba Guna (GSG) UNIKS pada Kamis (18/01/2024).

Kegiatan pelatihan soil investigation dengan alat sondir ini dihadiri oleh Kepala Laborat QAQC PT. Wijaya Karya proyek jalan Tol Pekanbaru - Padang seksi Bangkinang - Pangkalan, Abdul Hadi, ST dan Laboran FT Universitas Riau, Zulkifli sebagai pemateri serta dihadiri oleh Dekan FT UNIKS Agus Candra, ST., M.Si, Kaprodi Teknik Sipil Ade Irawan. ST.,MT dan Ketua Pelaksana Pelatihan Surya Adinata, ST.,MT, serta mahasiswa FT, alumni dan masyarakat setempat.

Kepala Laborat QAQC PT. Wijaya Karya Abdul Hadi, ST, menyampaikan kepada mahasiswa UNIKS, harus jeli membaca peluang kerja.

"Sebagai anak teknik harus pintar dan pandai dalam membaca peluang kerja, dilihat dari zaman sekarang ini, peluang kerja sangat terbuka lebar, ditambah lagi sekarang jalan tol sedang ramai dikembangkan di daerah kita seperti Riau-Dumai", ungkapnya.

Dekan FT UNIKS Agus Candra, ST., M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pemateri pelatihan soil investigation dengan alat sondir, ini sebagai pengetahuan kita bersama.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada para pemateri yang sudah dapat memberikan pelatihan uji sondir ini di UNIKS. Pelatihan sondir ini merupakan suatu teori dan praktek yang dilakukan di lapangkan terbuka kampus UNIKS. Tujuan uji sondir ini adalah untuk mengetahui sertifikasi tanah hingga kedalaman tertentu dan mengetahui daya dukung tanah. Metode penyelidikan tanah ini digunakan untuk perencanaan fondasi konstruksi bangunan, serta memenuhi standar keselamatan konstruksi bangunan dan mengurangi resiko kegagalan konstruksi bangunan", tuturnya.

Program Studi TS dan PWK FT UNIKS mempromosikan penyelidikan tanah dengan alat sondir ini kepada kontraktor bangunan, konsultan bangunan dan masyarakat umum", tambahnya.

Acara pelatihan ini diakhiri dengan uji sondir di lapangan terbuka UNIKS untuk memperoleh parameter-parameter perlawanan penetrasi lapisan tanah di lapangan dengan alat sondir.

Parameter tersebut berupa perlawanan konus (qc), perlawanan geser (fs), angka banding geser (Rf), dan gesekan total tanah (Tf) yang digunakan untuk interpretasi pelapisan tanah yang merupakan bagian dari desain fondasi.
Lebih baru Lebih lama